Tugu atau biasa disebut tugu perguruan silat adalah merupakan simbol adanya sebuah perguruan di dekat daerah tersebut dengan bentuk lambang perguruan. Biasanya dibuat dengan menggunakan beton di pinggir jalan.

Dilansir dari wikipedia Tidak dapat dipastikan kapan pertama kali didirikan. Di Kabupaten Ponorogo sendiri, banyaknya tugu Reog yang menghiasi tiap jalan membuat inisiatif perguruan pencak silat Ponorogo untuk membangun tugu sebagai penanda adanya perguruan di wilayah tersebut dengan ornamen lambang perguruan. Hingga pada pembangunan tugu PSHT menyebar sampai Madiun yang merupakan pusat dari tersebut.

Perkembangan zaman juga turut membuat perguruan lain ingin membangun tugu silat perguruannya sendiri, dari perguruan silat IKSPI Kera Sakti, Pagar Nusa, , PSCP yang ingin mendominasi tugu silat yang ada. Tugu silat dapat ditemukan pada tiap kota di Jawa hingga pulau-pulau besar di Indonesia.

Saat ini tugu silat terbesar di Indonesia berada di Ponorogo dengan tinggi total 13×12 meter.

Namun Keberadaan tugu silat sering menimbulkan konflik antarperguruan karena adanya kecemburuan sosial dan ketidaksenangan perguruan silat lain akan adanya tugu silat. Akibatnya sering terjadi perusakan tugu silat dan selanjutnya menimbulkan aksi balas dendam perusakan tugu silat lainnya.

Konflik antarperguruan silat masih tetap ada di beberapa tempat. Sehingga beberapa tempat telah ditetapkan oleh pihak keamanan tidak diperbolehkannya dibangun tugu silat. (*)