Silek Gunuang

0
305
silek Gunuang - foto fajarsumbar

merupakan yang mematikan dan bukan untuk di pertontonkan ke khalayak ramai atau umum, akan tetapi Gunuang hanya digunakan untuk penjagaan diri dan untuk membela diri saja.

Silek Gunuang erat kaitannya dengan daerah asalnya yaitu Nagari Gunuang, di Kota . Sebagai seni bela diri pada masyarakat Nagari Gunuang. Menurut data yang dikumpulkan M. Fhajar Vierta Wardhana, dalam skripsi FISIP Unri tentang di nagari gunuang kelurahan ekor lubuk kecamatan panjang timur dulunya aliran bela diri yang ada di Nagari Gunuang cuman ada aliran silek tuo.

Setelah adanya aliran silek tuo di Nagari Gunuang ini kemudian berkembanglah di Nagari ini dan barulah nenek moyang orang Nagari Gunuang ini pergi ke tempat (tempat latihan) yang ada di daerah lain untuk menanyakan nama aliran silek ini, karena silek ini merupakan yang pertama ada dan pertama berkembang di Nagari Gunuang maka di namakan Silek Tuo Gunuang hal itu dapat di artikan bahwasanya Silek Tuo merupakan aliran Silek yang tertua atau pertama kali ada dan terdapat di Nagari Gunuang.

Hal itulah yang menjadikan nama aliran bela diri ini dinamakan dengan silek tuo Gunuang.
Menurut cerita yang telah lampau atau cerita dahulunya silek ini hanya di kembangkan atau di bawa oleh satu orang yang datang ke Nagari Gunuang dan membuka sasaran (tempat latihan) silek kemudian di kembangkan dan di perkenalkan kepada masyarakat Nagari Gunuang, setelah dia kembangkan di Nagari Gunuang kemudian dia pindah tempat lagi ke daerah lain misalnya ke daerah Singkarak dan di buka lagi sasaran (tempat latihan) di daerah itu.

Apa yang telah diajarkan di Gunuang tadi tidak sama gerakannya dengan apa yang diajarkan dia di Singkarak tadi, setiap gerakannya berbeda-beda di setiap daerah, tidak hanya dalam gerakan tetapi aliran silek nya pun berbeda juga dan tidak sama setiap daerah itu.

Silek tuo Gunuang merupakan murni sebuah aliran silek yang ada di , silek tuo Gunuang ini sebuah aliran bela diri yang sangat berbahaya dan mempunyai sifat gerakan yang mematikan dan bukan sebuah bela diri yang untuk di pertontonkan di khalayak ramai atau bukan untuk di perlihatkan. Silek tuo Gunuang murni aliran untuk membela diri.

Related posts