Bialah urang batanam buluah
kito batanam padi juo
bialah urang badandam musuah
kito batanam budi juo
Kalau kito batanam padi
sananglah makan adiek baradiek
Kalau kito batanam budi
urang nan jaek manjadi baiek
Ini pulalah yang diisyaratkan falsafah Adat Alam minangkabau dengan adagiumnya yang menyatakan : sawah gadang (bapadi) satampang banieh, makanan anak tigo luak. (Sistem dan metodologi ilmunya memakai simbol buah kelapa).
Masyarakat Minangkabau yang begitu cintanya terhadap falsafah hidupnya yang unik dan khas, serta berlainan dari falsafah masyarakat lainnya di dunia sekitarnya dapat mempertahankan dirinya sampai saat ini. Falsafah yang diantarkan oleh masa melalui periode sejarah yang panjang. Walaupun dalam pengertian yang sempit terdapat kekaburan tentang sejarah Minangkabau itu sendiri, namun adalah nyata dan jelas bahwa falsafah Adat Alam Minangkabau itu kita warisi sampai saat ini.
Oleh karena falsafah Adat Alam Minangkabau itu berpedoman kepada ketentuan-ketentuan dalam alam, maka Adat itupun akan bertahan selagi alam itu ada. Adat itu sendiri menentukan kualitasnya : indak lapuak dek hujan indak lakang dek paneh. Sedangkan dalam upaya menyesuaikan diri dengan goncangan dan arus zaman, maka adat telah memesankan pula cara-cara dan metoda pemeliharaan esensinya, ketika bangunan falsafah yang tersusun rapi itu porak poranda karena tekanan global :
usang-usang dipabaharui
lapuak-lapuak dikajangi,
nan elok pakai
nan buruak buang,
kok singkek mintak diuleh
kok panjang mintak dikarek
senteang dibilai
kurang batukuak.