Launcing-Kongres-Kebudayan-tahun-2022

Kongres 2022 resmi diluncurkan di Hotel Santika, Kota , Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) Selasa, 9 Agustus 2022. Acara puncak direncanakan pada Desember 2022. Setelah diluncurkan akan ada beberapa kegiatan menjelang acara puncak, yaitu: , dialog kebangsaan, seminar nasioal, dan expo.

Presiden Musliar Kasim menjelaskan, acara ini bentuk rencana kegiatan yang diinisiasi (YPKM) dan telah bekerja sama dengan DPD RI serta Pemerintah Provinsi Sumbar.

“Kami memiliki aset dari tokoh-tokoh , jadi yang menggagas acara ini bukan kami, namun para tokoh itu dan diaspora kita yang ada di berbagai daerah dan luar negeri juga turut serta,” katanya kepada awak media di Padang.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan usaha memperkuat proses perkembangan bangsa dan negara Indonesia agar dapat mencapai tujuan .

Nantinya dalam acara ini sejumlah isu yang berpengaruh signifikan dalam upaya mencapai Indonesia emas 2045 akan juga dibahas. Selain itu Musliar berjanji semua potensi budaya juga akan dibahas dan tokoh-tokoh adat dari berbagai wilayah di Indonesia turut diundang.