Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Silek Arts Festival

September 7, 2018 - November 30, 2018

Jadwal : 7 September – 30 November 2018
Lokasi : Padang, Padang Panjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Sawahlunto, Kota Solok, Kab. Padangpariaman, dan Kab. Tanah Datar

Silek Arts Festival 2018 digelar di Sumatera Barat merupakan suatu perayaan besar seni bela diri tradisional. Di tempat lain, seni bela diri ini disebut pencak silat. Jika kata Silek digunakan untuk memberi penekanan pada aspek bela diri, maka dalam bahasa Minangkabau dikenal pula kata Mancak atau Bungo Silek (bunga silat) yang memberi penekanan pada aspek seni dan keindahan.

Sebagai salah satu warisan budaya kebanggaan masyarakat Minangkabau, Silek telah menjadi sumber inspirasi perkembangan berbagai genre seni kontemporer. Hal ini tampak pada seni pertunjukan Randai yang muncul sekitar tahun 1926 di sebuah pasar malam di Payakumbuh.

Silek Arts Festival 2018 dibuka di Kota Padang pada tanggal 7 September 2018 dan diakhiri di Bukittinggi pada tanggal 30 November 2018. Festival ini diadakan di berbagai jenis lokasi, seperti di sasaran (perguruan), gelanggang tradisional, hingga gedung pertunjukan modern. Atraksi utamanya adalah Silek tradisional yang menampilkan berbagai gaya khas Minangkabau, tempat di mana terdapat aliran Silek yang langka dan bahkan hampir punah.

Details

Start:
September 7, 2018
End:
November 30, 2018
Event Category:
Event Tags:

Organizer

Dinas Kebudayaan Sumbar
Email:
disbud@sumbarprov.go.id
View Organizer Website

Venue

Sumatra Barat
Provinsi Sumatera Barat
Sumatra Barat, Sumatra Barat - Indonesia
+ Google Map
Phone:
-
View Venue Website